Pulang Kerja, Aiptu Usman Nyambi Jadi Relawan Covid-19

BULUKUMBA, CITRANEWS.COM– Sejumlah pihak tergerak bersama dalam misi pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Di Bulukumba, tak terhitung jari relawan kemanusiaan yang terlibat aktif, baik secara pribadi maupun berkelompok.

Tak terkecuali, Aiptu Usman, anggota Polri yang bertugas di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Bulukumba ini, salah satu dari beberapa relawan yang terlibat dalam peran aktif melawan penyebaran virus Corona.

Bukan masker yang ia bagikan atau APD, namun Aiptu Usman Fokus pada penyemprotan Disenfektan ke rumah-rumah ibadah (Masjid,red) dan rumah warga. Hal itu ia lakukan setelah istrahat kerja dan diwaktu libur.

“Biasanya kalau sore hari sudah keluar menyemprot, kan jam kerja kami di Samsat dibatasi pelayanan hingga pukul 13.00 saja, sudah istarahat, sorenya keluar menyemprot, yah kemana saja kalau ada warga yang minta, dan lokasi yang saya anggap layak di semprot,”kata Aiptu Usman, Selasa 06/04/2020.

Berbekal alat sederhana, serta dilengkapi Alat Pelindung Diri, berupa mantel hujan pembagian di Korpsnya, Aiptu Usman melakukan penyemprotan di sejumlah titik di dalam Kota Bulukumba, termasuk warkop-warkop.

“Saya tergerak juga untuk turun langsung. Saya racik sendiri cairan disinfektannya sesuai dengan petunjuk Dinas Kesehatan (Dinkes),” kata.

Tak jarang, kata dia, beberapa warga juga meminta rumahnya untuk disemprot.

Ia pun memberikan respon baik, laiknya polisi yang sudah seyogianya memang harus mengayomi masyarakat.

“Ini juga istruksi atasan. Semoga yang kami kerjakan ini bisa bermanfaat untuk orang banyak,” tambahnya.

AIPTU Usman berharap, seluruh lapisan masyarakat bisa ambil bagian dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini.

Salah satunya dengan mengikuti protokoleran pencegahan Covid 19, salah satunya dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun, dan juga menjaga kebersihan di sekitar tempat tinggal.

“Dan jika tidak ada aktivitas mendesak, sebaiknya tinggal di rumah saja,” pungkasnya. (adp).

Leave a Reply