‘Gammara’ Bakal jadi Inovasi Terbaru Dukcapil Bulukumba

BULUKUMBA, CITRA.NEWS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba akan terus melakukan inovasi dan terobosan dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan kolaborasi dan kerja sama kepala desa dan lurah dalam menuntaskan kepemilikan identitas kependudukan.

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil, Andi Sukmawati menerangkan, pihaknya kembali akan melakukan inovasi terbaru yang diberi nama Gammara atau Gerakan Masyarakat Menuju Sadar Adminduk.

Gammara diharapkan dapat mendorong pemerintah desa untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat di desanya untuk menyadari pentingnya dan manfaat dari kepemilikan dokumen administrasi kependudukan.

“Gammara bisa juga menggambarkan Pemerintahan Bulukumba yang baru. Dalam artian Gammaraki dan Curaddeki dalam meningkatkan capaian kepemilikan administrasi kependudukan,” jelasnya Andi Sukmawati.

Di sela-sela acara pencanangan gerebek stunting, Dinas Dukcapil Kab Bulukumba menyerahkan 224 keping KTP elektronik hasil pelaksanaan layanan jemput bola ‘Gadis Desa’ yang merupakan kepanjangan dari Gabungan Aksi di Sekolah dan di Desa.

Penyerahan jemput bola Gadis Desa untuk 3 wilayah desa yang berada di Kecamatan Bulukumpa, yaitu Desa Salassae, Desa Bulo Bulo dan Desa Bontominasa, Kamis (21/10/2021) di Aula Kantor Kepala Desa Salassae.

KTP Elektronik hasil jemput bola Gadis Desa diserahkan secara simbolis oleh Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf kepada para kepala desa. Desa Salassae sebanyak 78 keping, Bulo bulo 62 keping, dan Bontominasa 84 keping.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf menyambut baik inovasi Dinas Dukcapil Bulukumba dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui mobil layanan online sehingga lebih mendekatkan pelayanan.

“Di era saat ini, pemerintah dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik,” terangnya.

Leave a Reply