Ingin Warisan Dibagi Adil Sesuai Syariat, Ini Alasan Sabri Anggota DPRD Lakukan Gugatan

BULUKUMBA, CITRANEWS.COM — Sabri A Colli yang juga Anggota DPRD Bulukumba, angkat bicara atas gugatan yang dilakukan dirinya bersama kedua sudaranya.

Menurut Sabri, gugatan dirinya bersama dua sudaranya yakni Hj Hasrah dan Suardi, kepada Herman, bukan tanpa alasan, dia mengaku harta yang ditinggalkan orang tuanya dikuasi oleh tergugat (Herman), yang tak lain Kepala Desa Balangpesoang.

“Kami menggugat di pengadilan bukan berarti kita menuntut porsi lebih banyak tetapi kami mau pembagian harta itu adil sesuai ketentuan sesuai syariat Islam,”tukasnya. Minggu Sabtu 26/03/2022.

Dikatakan, dia harus menempuh jalur hakum karena selama ini mediasi yang dilakukan secara kekeluargaan tidak tercapai, dimana tergugat (Herman,red) tetap kekeh hampir menguasai seluruh warisan orang tua.

“kenapa kita pilih jalur pengadilan karena jalur mediasi yang kita lakukan selama ini tidak tercapai kesepakatan dan kita yakin bahwa pengadilan agama didalam memutuskan permasalahan ini tentunya berpedoman pada syariat islam sebagai agama yang kita yakini,”tambahnya.

Dia melanjutkan, gugatan ini diajukan di Pengadilan Agama Bulukumba untuk dapat penyelesaian yang lebih baik agar tidak terjadi kesalahpahaan antar bersudara. Sabri pun memiliki harapan besar agar perkara tersebut dapat diselesaikan dengan jalan damai di Pengadilan hal ini juga diatur dalam Perma nomor 1 tahun 2016 tentang prosesur mediasi di pengadilan.

“Dan terkait pernyataan Herman di salah media bahwa itu harta yang di gugat adalah pemberian orang tua juga keliru kerena tidak ada bukti otentik kepemilikan sebagai pemberian yang dia harus pahami sebagai pribadi dan sebagai kepala Desa adalah arti kata warisan apa sih itu, jangan sampai tidak paham,”tegasnya. (Adp)

Leave a Reply