Anggota Komisi B DPRD Bulukumba, Sarankan Bongkar Muat Dikelola Dishub

BULUKUMBA, CITRANEWS.COM — Aktifitas bongkar muat barang di Pasar Sentral Bulukumba dinilai menjadi biang kemacetan di wilayah jalur dua di jalan Samratulangi, Kelurahan Caile, Kecamatan Ujung Bulu.

Olehnya, kegiatan bongkar muat tersebut bakal dipindahkan kembali ke Pasar Cekkeng, di Kelurahan Terang-terang.

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi B,  DPRD Bulukumba,  Juandy Tandean, menyarankan agar kegiatan bongkar muat diambil alih oleh Dinas Perhubungan (Dishub).

“Kita sarankan ke Dishub, barangkali jika dishub yang kelola PAD bongkar muat lebih bisa meningkat,”katanya. Sabtu /24/04/2022.

Untuk lokasi sendiri, kawasan terminal dianggap lebih representatif dibandingkan pasar cekkeng.

“Diterminal lebih luas, penerangannya lebih bagus , karena kan jam 5 sore itu sampai malam terminal sudah kosong bisa muat ratusan mobil itu,”tambahnya.

JT mengingatkan pemindahan kembali lokasi bongkar muat di Pasar Cekkeng, jangan sampai tak lebih baik dari sebelumnya.

“Jangan sampai dipindahkan kesana malah PAD yang didapatkan dari situ lebih merosot, makanya dikaji baik-baik dulu,”ingatnya.

Sebelumnya, dilansir dari Kutip.Co, Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, melalui Kabid Perdagangan Nurhidayat Kurnia, mengatakan lokasi bongkar muat barang yang berada pasar sentral tersebut tidak cukup bagi mobil dan pedagang yang akan melakukan bongkar barang, dan hasilnya mengakibatkan antrian mobil pedagang yang akan masuk ke pasar sentral sehingga terjadi kemacetan di depan pasar sentral.

Diakui Kabid Perdagangan, bahwa pemindahan kegiatan bongkar muat ini akan dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H mendatang.

“Iya, rencana pemindahan bongkar muat akan dilakukan setelah Idul Fitri, dan lokasinya akan dikembalikan di pasar Cekkeng, karena disini lokasi sempit untuk parkir mobil, dan antrian masuk mobil yang akan membongkar barang mengakibatkan kemacetan di depan pasar, karena mengingat pada saat bongkar muat jam padat kendaraan” Ungkap Kabid Perdagangan saat ditemui di Pasar Sentral, Rabu 20 April 2022. (Adp).

Leave a Reply